Intro to Bali Diving 2


DSC01724

Nggak cuma indah di darat saja Bali juga menyuguhkan banyak pemandangan di bawah air. Para pelancong dari negara-negara jauh banyak yang meluangkan waktu ke Pulau Dewata rutin hanya untuk menikmati diving-nya. Dive center bertebaran dari daerah Seminyak, Kuta, menyusur sampai ke Nusa Dua, Sanur, Padang Bai, Tulamben lanjut lagi sampai Lovina membuat diver bisa milih dan bandingkan harga. Jika nggak bisa datang ke dive center buat tanya-tanya, ada banyak website yang menyediakan paket plus mencantumkan harganya. Nggak heran bisnis satu ini jadi lahan basah untuk para penggiatnya.

Kalau sempat jogging di pagi hari, cobalah menyusur pantai di sekitar Sanur misalnya dimulai dari Sudamala ke arah timur-utara 4 kilometer-an sampai di Pantai Matahari Terbit dan balik lagi. Di pagi hari orang bisa melihat betapa sibuk mobil-mobil menurunkan tank dan peralatan selam, porter memindahkan ke kapal, semua dalam kelompok-kelompok yang membedakan tamu dive center satu dengan yang lain.

DSC01746

Visibility di Bali rata-rata bagus all year round dengan temperatur air berkisar 27 C di atas dan 24C di bawah seperti saat mencari mola-mola. Buat bule, suhu 27 derajat tentu nggak dianggap dingin. Bandingkan dengan Sweden yang di suhu 19C masih ada orang yang renang di danau walau harus memakai wetsuit shortie.

Ada banyak sekali divespot di Bali, memungkinkan diver pemula dan professional untuk menikmati dunia bawah air sesuai dengan tingkat pengalaman masing-masing. Padang Bai misalnya, ada Blue Lagoon dan Drop Off dari kedalaman kurang dari 10 meter sampai lebih dari 25m bikin tempat ini cocok dipakai untuk dive course semacam Open Water.

Di sebelah utaranya ada Tulamben yang terkenal dengan bangkai kapal USAT Liberty-nya. Di sini diver bisa melakukan wreck dive, deep dive, underwater photography, underwater naturalist dan banyak lagi. Ada juga Gili Tepekong yang jadi tempat favorit hiu, Manta Point tempat feeding place-nya manta, Nusa Penida untuk ‘berburu’ mola-mola (sunfish) dan banyak lagi.

Penukunan Bay

Tidak mengherankan jika tiap musim liburan turis Eropa, dive center di Bali kebanjiran order dan kehabisan manpower untuk menjalankan dive trips. Beberapa harus menyiapkan kandidat untuk musim ramai tahun depan dengan men-training orang baru jauh hari.

Bagaimana soal harga? Di sini rata-rata untuk dua kali dive di Padang Bai atau Tulamben berkisar USD $80 belum termasuk sewa alat. Sewa alat sekitar $25. Alat=alat lengkap. Kalau nggak sewa alat hanya disediakan tank sama weight. Nah, tertarik untuk menyelam di Bali?

Model: Ayu | Facebook
Location: Tulamben and Penuktukan Bay

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 thoughts on “Intro to Bali Diving