Pantai Sanur, Bali


IMG_20130715_124757

Inilah salah satu pantai paling terkenal di kalangan turis yang datang ke Bali. Pantai Sanur. Ada apa saja sih di sana?

Lokasi dan akses

Sanur terletak di Bali sebelah selatan timur, di salah satu pojokan pulau kalau kamu cek di peta (inget pesan Dora: selalu bawa peta dan seekor monyet. Nguk-nguk). Pantai Sanur tentu cuma sebagian kecil dari rangkaian pantai-pantai di sana karena Sanur adalah nama daerah. Di deretan ini ada Pantai Semawang di barat, lalu menyusur ke timur masing-masing Pantai Respati, Sindhu dan Sanur.

Ada beberapa bus stop jika menggunakan TranSarbagita tapi tinggal bilang saja ke petugasnya kalau mau turun di poin terdekat dengan Pantai Sanur. Biasanya diturunkan di dekat Sanur Paradise Plaza. Jika pakai taxi biasanya diturunkan dekat sekali dengan pantai. Motor juga bisa langsung mendekat ke pantai. Kalau pakai motor/mobil, ada karcis masuk sebesar 1000 buat motor dan 2000 buat mobil yang dibayar di tempat retribusi yang dijagain sama petugas. Setelah itu nggak ada biaya parkir lagi.

IMG_20130715_121943

What to do

Sepanjang pantai ada berbagai kegiatan yang bisa pengunjung lakukan. Ada kite surfing, para sailing, canoing, jetski, snorkeling, diving, pijat, ngopi-ngopi dan makan di warung, belanja suvenir, sunbath, spa dan lain-lain. Khusus buat penghuni hotel di sepanjang pantai, hotel biasanya menyediakan tempat buat sun lounging alias bersantai di luar. Tempat-tempat ini dilengkapi busa dan payung gede.

Saat malam, Anda bisa candlelight dinner baik di darat maupun di laut! Ya, ada tempat terapung yang bisa disewa buat makan malam romantis. Ente bakal diantar jukung buat menuju ke tempat terapung itu. Ini seratus persen aman karena topografi pantai yang terdiri dari karang menjorok jauh ke laut (sekitar 200-an meter) sebelum lautnya benar-benar laut lepas.

Karena jenis pantai yang dangkal ini pula kegiatan air relatif aman dilakukan di sepanjang deretan pantai Sanur.

Oya, jangan heran kalau lihat burung sebangsa derkuku (yg sebesar merpati itu loh) berkeliaran di samping orang-orang berjemur. Orang di sekitar pantai nggak ada yg ngerusuh burung-burung. Mereka jadi jinak dan nggak takut orang. You jangan coba-coba tangkap juga ya, tar dimarahin orang lokal.

IMG_20130715_122635

Miscellaneous

  • kalau pagi pantai surut yang kalau pas parah sampai-sampai boat nggak bisa keluar ke laut lepas
  • ada banyak stand tourist info yang menawarkan wisata air di sini, jadi ada banyak pilihan aktifitas
  • banyak resto dan warung di sepanjang pantai
  • sepanjang pantai ada trek dari konblok buat jogging dan sepedaan
  • siapkan sunblock; siang hari terik banget di sini
  • Pantai Sindhu rame pengunjung di kala weekend
Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *