Portal Pariwisata Kita – Wonderful Indonesia


komodo

Salah satu gambar Pulau Komodo (courtesy Indonesia.Travel)

“This is our first visit to Indonesia and it won’t be the last” kata Ian.

“This definitely won’t be the last” tambah Karina.

Keduanya pasangan turis asal Jerman yang baru saja safari dari Pulau Komodo dan beberapa gili di Nusa Tenggara Barat. Mereka senang sekali bisa melihat komodo secara live di alam, trekking di taman nasional sampai menyelam di Bali. Bahkan khusus di Bali mereka dive sampai enam kali dalam tiga hari untuk mencoba berbagai spot.

Saya bertemu banyak wisatawan asing selama beberapa tahun bekerja sebagai tour guide di Kota Gudeg. Ada yang baru memulai perjalanannya mengunjungi Indonesia dan ada pula yang sudah bersiap untuk kembali setelah berkeliling di daerah lain di Indonesia. Malu dong kalau mereka ngobrol tentang satu tempat di negara kita dan saya nggak tahu, makanya dari dulu internet sudah menjadi rujukan wajib buat menambah wawasan. Nggak cuma situs pariwisata dalam negri tapi juga luar negri seperti Singapura dan Australia. Maklum banyak tamu yang berasal dari dua negara tersebut.

Nah, seberapa bagus kah situs Departemen Pariwisata kita dibanding dua negara tetangga tersebut? Ada baiknya kita bahas satu per satu beberapa aspek ini.

indtravel

Tampilan

Indonesia.Travel yang sekarang ini sudah lebih baik dari sebelumnya. Pemilihan latar belakang hijau memberi kesan soft, penempatan slider grafis di bagian atas cukup eye catching bagi para visitor, tombol navigasi kanan dan kiri memudahkan pemilihan tempat wisata yang mau didatangi dan empat drop down di atas sudah mengcover sebagian besar kebutuhan turis saat mengunjungi negri tercinta kita.

Sedikit masukan saja, akan lebih menarik jika bagian Headline News tidak ditampilkan di bagian depan untuk lebih menguatkan fokus layanan website ke arah tourism services untuk calon wisatawan, bukan untuk corporate relations.

Aktifitas Sosial Media

Ini poin besar untuk kita. Admin Indonesia.Travel aktif sekali di dunia media sosial terbukti dengan banyaknya post di Facebook, Pinterest, YouTube, GooglePlus sampai Twitter. Sosial media sekarang memegang peranan penting untuk menarik wisatawan karena dengan berbagai channel tersebut kita bisa menunjukkan dengan gambar dan video bagaimana keindahan Indonesia. Saya yang orang Indonesia saja sampai ngiler-ngiler lihat video official release di YouTube, apalagi orang asing yang tidak banyak melihat negara tropis.

Informasi Konten

Dari segi kelengkapan untuk turis, website Indonesia.Travel sudah memberikan banyak sekali informasi penting dari lokasi, bagaimana menuju ke sana, akomodasi hingga tips penting jika berkunjung ke lokasi tersebut. Travel Map dan segala fungsinya juga berjalan sempurna.

Namun begitu beberapa hal masih perlu diperbaiki seperti:

Kualitas dan kuantitas gambar

The Schmutzer Primate Centre misalnya, walaupun terletak di halaman depan dan masuk dalam kategori Featured Destinations tetapi hanya ada dua foto resolusi rendah yang mewakili tempat wisata satu ini. Bandingkan dengan The Surreal Madakaripura Waterfall yang memiliki sebelas gambar dengan kualitas yang lebih bagus. Belum lagi Tangkahan di Medan yang hanya memiliki satu foto dengan resolusi yang kurang.

Kejelasan fungsi tautan/link

Tautan Trip Planner di halaman depan ini pada awalnya saya kira akan memberi saran itinerary pada pelancong yang mau berkunjung ke lokasi tertentu. Kalo iya, keren banget kan? Bayangkan ada turis yang ingin ke Karimunjawa tetapi masih bingung dengan itinerary-nya dan Trip Planner bisa memberi panduan lengkapnya. Pasti fitur ini bakal disukai wisatawan.

Ternyata Trip Planner tak lebih dari sekedar ajakan dari visitor satu untuk visitor lain untuk mengunjungi tempat wisata tertentu dengan fungsi seperti forum dimana orang lain bisa memberi masukan/saran ke dalamnya. Pun fungsi ini saya ketahui setelah mendaftar dan mencoba satu trip plan, karena tidak ada keterangan tentang apa itu Trip Planner bahkan dari website-nya sendiri.

Tombol ‘Home

Dimana tombol ‘Home‘ yang mengarahkan pengunjung kembali ke halaman awal Indonesia.Travel? Hanya ada di halaman depan di bagian paling atas. Mengapa logo Wonderful Indonesia dengan gambar burung itu tidak dijadikan link untuk menuju ke Home saja? Sudah umum sekali menjadikan logo sebagai link untuk menuju Home. Cobalah tengok halaman dari Singapura atau Australia ini. Saat mengunjungi halaman manapun pengunjung bisa kembali ke halaman awal dengan mudah dengan meng-klik logo masing-masing website.

Promotional Materials

Bagian ini perlu mendapat perhatian lebih untuk mendukung promosi wisata Indonesia dari pihak non pemerintah. Langkah awal dengan menyediakan berbagai materi untuk promosi ini sudah bagus, tetapi akan lebih sempurna jika yang disebut dengan Various High Resolution Images di bagian Various Indonesia High Resolution Images tidak hanya berisi Yogyakarta.rar dengan isi foto-foto Yogyakarta saja.

Kelengkapan Destinasi

Tentang kelengkapan tujuan wisata di Indonesia situs Indonesia.Travel merupakan direktori turisme yang lengkap sekali. Walaupun tidak mungkin menyertakan semua tempat di dalam sini tetapi yang sudah ada pun telah mengcover Aceh sampai Irian. Kenapa dibilang tidak mungkin? Karena Indonesia memiliki terlalu banyak tempat bagus yang letaknya sering kali berdekatan tetapi namanya berlainan. Belum lagi ditemukannya tempat-tempat baru atau dikembangkannya wisata minat khusus yang muncul dengan cepat.

Update News

Menilik dari kolom Events dan Headline News, Indonesia.Travel terlihat selalu memperbarui informasi wisata yang terjadi di penjuru tanah air. Keep up the good work!

Interaktifitas

Situs ini sebenarnya powerful dalam memberi ruang kepada visitor untuk berinteraksi baik dengan situs sendiri ataupun dengan visitor lain.

Image Slider di halaman depan yang menampilkan rangkuman informasi jika kursor mouse melewatinya, fungsi drop down dari empat menu di bagian atas, tombol panah ke bawah yang mengeluarkan panel tambahan di bagian header, sampai peta wisata yang mendukung fungsi pencarian merupakan banyak contohnya.

Lalu ada pula Trip Planner dan Online Forum dimana visitor bisa saling tukar informasi atau travel agent mempromosikan diri dalam berbagi topik di sana. Jika fungsi-fungsi ini digunakan secara maksimal maka suasana ‘hidup’ bisa diciptakan dalam rangka mendukung promosi wisata negri tercinta Indonesia.

Quiz

Berbagai quiz yang diadakan oleh Kemenparekraf melalui Indonesia.Travel mendapat sambutan hangat publik. Ribuan orang selalu mendaftar kuis-kuis ini yang hadiahnya gadget atau perjalanan wisata dengan akomodasi ditanggung oleh pihak Indonesia.Travel.

Cara ini efektif untuk menjaga jumlah visitor di website dan di saat yang sama merupakan viral marketing yang baik untuk mengarahkan orang ke sana.

Jadi secara keseluruhan ada kelebihan dan kekurangan di dalam portal wisata resmi negara kita ini. Oke lah untuk poin-poin positifnya, tetapi untuk beberapa hal yang masih perlu diperbaiki sebaiknya memang segera diperbaiki sehingga saat pengunjung berselancar di Indonesia.Travel akan semakin banyak mendapat informasi yang mereka butuhkan.

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *