Tips Ikut Indonesia.Travel Blogging Contest


menang

Terkait blogging contest yang diadakan oleh Kemenparekraf melalui situs resminya di Indonesia.Travel tentu semua pihak yang berpartisipasi ingin menang lomba tersebut dan menyabet Juara I dengan hadiah jalan-jalan ke Danau Toba GRATIS! Ya nggak? Pastinya dong. Tapi apa saja syaratnya? Gimana trik biar bisa menang lomba ini?

Saya yang kebetulan jadi Juara I di tahap 1 gara-gara tulisan ini mau bagi-bagi rahasia nih supaya lebih banyak orang mempromosikan negri tercinta Indonesia melalui tulisan. Soal juara atau nggak kan urusan kualitas tulisan. Jadi, mari kita bahas satu per satu persyaratannya dan mulai nulis. Ini dia syaratnya.

JUDUL

Setiap judul tulisan wajib memakai tag “Wonderful Indonesia”.

Ini cukup jelas. Kalau saya sih tinggal kasih saja tulisan Wonderful Indonesia di bagian judul, misalnya kemarin saya nulis judul “Portal Pariwisata Kita” maka tinggal ditambahkan di belakang jadi “Portal Pariwisata Kita – Wonderful Indonesia“. Tanda dash bisa diganti jadi titik dua (:).

LINK

Setiap tulisan wajib memiliki link ke situs Indonesia.travel.

Ini juga jelas. Misalnya nulis tentang Yogyakarta, tinggal kasih saja tautan/link ke artikel di website Indonesia.Travel yang membahas tentang Kota Gudeg tersebut. Contohnya, bisa di-link-kan ke tulisan tentang Yogyakarta, tentang kulinernya, atau tentang wisata belanja di sana karena ketiga tema tersebut bisa masuk dalam satu tema tulisan. Untuk kota-kota lain tinggal memberi tautan yang sesuai.

Untuk mencari artikel tentang daerah tertentu, nggak perlu dicari secara manual. Di website Indonesia.Travel ada fungsi pencarian di pojok kanan atas. Gunakan fungsi itu. Tinggal ketikkan daerah tujuan lalu pencet Enter. Akan keluarlah banyak artikel terkait yang semuanya ada di Indonesia.Travel.

Gimana caranya bikin link? Sudah tahu kan? Begini:

  • Blok kata-kata yang mau dijadikan link.
  • Klik gambar rantai di bagian atas editor blog, lalu masukkan link-nya. Jika ingin link terbuka di halaman baru, centang pilihan ‘Open in new window’.
  • Klik OK

SHARE (1)

Link tulisan di share di Google + Community Indonesia.Travel (jika ada dan merupakan nilai tambah) http://goo.gl/pdcTE5

Klik link tersebut yang akan menuju ke halaman https://plus.google.com/u/0/communities/104308820026506319081?cfem=1. Seperti ngasih komen di Facebook, masukkan link tulisanmu ke kolom di bagian atas yang ada tulisannya “Share what’s new”, lalu pencet tombol “Share”.

Gampang kan?

Google+ (baca: Google Plus) ini sosial media dari Google. Kalau kamu sudah login di gmail, kamu otomatis sudah ter-login juga di Google+. Kalau belum punya gmail, bikin saja. Gratis dan bisa untuk jangka panjang. Indonesia.Travel ini dari dulu selalu memakai Google+ sebagai salah satu media sosialnya.

SHARE (2)

Link tulisan wajib dishare di social media masing-masing (Twitter) disertai mention akun @Indtravel.

Ini juga jelas. Twit saja link ke tulisan di blogmu lalu mention @Indtravel. Otomatis kan mereka tahu kalau di-mention, jadinya bisa ngecek peserta mana saja yang sudah bikin tulisan dan mana yang belum. Mention ini juga memudahkan akun @Indtravel untuk me-retweet twit-mu. So, jangan lupa mention akun @Indtravel.

Kalau belum punya akun, bikin di website Twitter ini.

WIDGET

Setiap Blog yang mengikuti lomba wajib menggunakan widget dari Wonderful Indonesia.

Apa itu widget? Gimana cara memasangnya?

Widget di sini adalah kode untuk menempelkan sepotong halaman yang terhubung ke website Indonesia.Travel. Kode widgetnya yang dipasang adalah:

<iframe src=”http://poc8.com/indonesiatravel/count/widgetct.php?ref=[KODE PESERTA]” style=”width:300px; height: 350px” seamless></iframe>

KODE PESERTA=KODE yang diberikan oleh pihak panitia saat selesai mendaftar melalui form yang disediakan. Karena satu kode cuma untuk satu peserta, jangan sampai salah ngisi kode ini. Cek lagi email pemberitahuan dari panitia.

tips

Cara memasukkan widget untuk blog yang berbasis wordpress sebagai berikut (lihat gambar di atas sebagai panduan):

a. Klik Widget di bagian Appearance (No. 1)

b. Masukkan Text ke Sidebar–tinggal drag-and-drop (No. 2). Di sini Text saya taruh di Left Sidebar (No. 3)

c. Paste kode widget-nya di kolom ini (No. 4)

d. Perhatikan lingkaran biru di gambar di atas. Isikan KODE PESERTA di antara tanda []. Misalkan kodenya 90, jadi [90].

e. Perubahan secara otomatis tersimpan. Nggak ada tombol ‘Save’.

Jika berhasil, maka akan muncul widget seperti ini di websitemu (gambar yang ditunjuk oleh panah biru). Gambar di widget akan berganti-ganti secara otomatis. Oya, tulisan “Indonesia.Travel” ini diatur melalui Text di bagian b di atas.

 widget

LAIN-LAIN

Peserta wajib Like Facebook Indonesia.Travel, Add Google+ Indonesia Travel dan Follow Twitter @indtravel.

Ini juga jelas. Tinggal (a) Like Facebook Indonesia.Travel, (b) Add akun Google+ nya Indonesia Travel, dan (c) follow akun @Indtravel di twitter.

So, gampang kan? Komentar, pertanyaan dan saran bisa lewat komentar.

Share

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *